Sunday, September 14, 2008

MEGA PELUANG DI INDUSTRI KEMASAN (bag.2)

“Ada banyak faktor yang wajib diperhatikan dalam pembuatan kemasan ini. Khususnya yang
terkait dengan target konsumen, para peritel, dan pemilik merek,” terang Robert. Terkait
dengan konsumen, sebuah kemasan harus memilki value for money, apa yang dibeli harus
berguna. Termasuk juga sisi convenience (kepraktisan) dan aman sesuai dengan kualitas yang
diharapkan.
Faktor usia dan latar belakang konsumen pun patut diperhatikan. Untuk anak-anak, misalnya,
kemasan dibuat sepraktis mungkin dengan volume kecil. “Kami selalu mencoba memahami
kebutuhan para konsumen ini,” imbuhnya.
Kebutuhan peritel juga penting. Sebab, bagi para peritel, space itu mahal. Oleh karena itu,
kemasan sebisa mungkin memberikan ruang yang efisien di toko. Termasuk juga memberi
daya atraksi, terutama terkait dengan kecenderungan impulse buying. Efisiensi tidak hanya
menyangkut primary packaging, tetapi juga secondary packaging. Hal ini terkait dengan
daya tampung gudang.
Sementara itu, kemasan juga harus memperhatikan kepentingan pemilik merek. Terutama
dalam efisiensi cost. Selain itu, kemasan juga tentunya bisa mengekspos merek. Apalagi
merek ini terkait dengan kualitas, image, dan corporate-nya sendiri.
Robert menegaskan, dalam kemasan terkandung maksud proteksi atau perlindungan terhadap
produk itu sendiri. Di samping itu, kemasan juga harus informatif misalnya dalam hal
kandungan nutrisi dan branding. Agar kemasan punya daya tarik, lanjutnya, desainnya mesti
sesuai dengan target market. Desain ini menyangkut warna, ilustrasi, bentuk, dan printing.
Produk anak-anak biasanya didesain dengan karakter fun, lucu, meriah, dan warna-warni. Hal
serupa dilakukan pada produk yang ditujukan untuk pasar perempuan, orangtua maupun
remaja.
Kekuatan lain Tetra Pak adalah dukungan dari tim riset mereka. Riset konsumen ini selalu
mereka lakukan melalui kerja sama dengan customer (pemilik merek) atau peritel. “Kami
mempunyai in-house designer. Tim ini bertugas memberikan masukan kepada customer.
Meski para customer biasanya punya agency sendiri, mereka sering berkonsultasi dengan inhouse
designer kami,” katanya.
Sulit disangkal, kemasan yang bagus mampu mendongkrak sales dari produk itu sendiri.
Robert memberi contoh santan Kara produksi Pulau Sambu. Menurutnya, produk ini menarik
karena kemasannya dilengkapi dengan resep masakan yang berbasis sari buah kelapa.
Dengan begitu, konsumen yang membelinya sekalian bisa mencoba resep itu. Selain karena
mutu produk, kemasan menarik ini mampu membuat penjualan Kara melangit. Bahkan,
produk ini sudah menjajaki pasar mancanegara seperti China.
Contoh lainnya, Sosro dan susu Ultra. Sosro yang terkenal sebagai teh botol dikemas
sedemikian rupa dalam kemasan kotak sehingga konsumen tetap aware bahwa itu produk
Sosro. Kemasan susu Ultra pun mengalami inovasi. Kemasannya diformat dalam tiga ukuran
sesuai dengan sasaran konsumen, yakni anak-anak, remaja, dan dewasa. Menariknya,
kemasan ini dengan satu brand dan isi yang sama bisa menyasar ketiga target market itu
sekaligus.
Inovasi tidak hanya dilakukan Tetra Pak pada wilayah bentuk kemasan (packaging shape),
tetapi juga produk. Misalnya, produk Milk Shake keluaran ABC. Inovasi juga bisa dilakukan
dengan mengubah cluster (penutup) kemasan seperti susu Ultra atau bermain di sedotan
seperti Green Tea. Semua disesuaikan dengan kebutuhan konsumen. “Hal ini dilakukan Ultra
Jaya dengan mengganti penutup dalam bentuk cluster ulir. Ini cukup mendongkrak sales yang
luar biasa. Padahal ini inovasi yang sangat sederhana. Small inovation tetapi pengaruhnya
sangat besar,” tuturnya.
Robert mengakui, pasar industri makanan dan minuman cukup besar. Pada pasar keseluruhan
(termasuk kemasan plastik, kaleng, botol gelas, dan sebagainya), market share Tetra Pak
masih sekitar 2-4% saja. Tetapi, kalau spesifik di pasar kategori susu cair, mereka cukup
dominan menguasai 70-80% pangsa pasar. Sedang, di kategori santan, Tetra Pak bisa
mengantongi 90-95%.

Labels: , , , ,

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home